KRITIK TARI (XII)
assalamualaikum wr wb, sahabat teknobudayaku sekalian pada artikel ini kita akan membahas apa itu Kritik Tari dan apa fungsinya. Seorang Kritik adalah penengah antara seniman dan audiens atau penonton yang memiliki peran seperti pendidik seni.
istilah kritik berasal dari bahasa yunani, yaitu kata krites (kata benda), yang bersumber dari kata Kriteriori yaitu kriteria sehingga kata itu diartikan sebagai kriteria atau dasar penilaian.
tujuan utama dari kritik adalah meningkatkan pengertian dan kenikmatan yang diberikan oleh karya seni melalui pengkajian yang mendalam tentang sebab-sebab kenikmatan yang dirasakan penikmat seni.
2.Menilai Karya Tari
Menilai karya tari adalah kegiatan memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap karya tari yang di buat orang lain. dalam kegiatan kritik tari terdapat bagian dalam memberikan penilaian terhadap karya tari orang lain. materi penialaian yang diberikan dapat berupa ulasan materi pertunjukan secara keseluruhan atau komentar dari materi tari yang diapresiasi.
- berakar pada pendekatan filsafat metafisis yang melahirkan tipe kritik yang bersifat dogmatis
- pendekatan empirik modern yang menggunakan data objektif sebagai basis penilaian karya seni.
penulisan atau penyajian kritik seni memiliki bentuk dan cara yang sitematis. terdapat beberapa tahapan umum dalam cara menulis kritik tari, sebagai berikut.
a. Deskripsi Data
Deskripsi adalah suatu proses pengumpulan data karya seni yang tersaji langsung kepada pengamat. data diperlukan karena sifatnya dapat mempengaruhi persepsi kritikus dalam pemahaman dan penilaian kritisnya nanti.
b. Analisis
pada tahap ini,kritikus adalah menguraikan kualitas elemen seni. ide seorang kritikus sangat penting dalam menganalisis karya seni.
c. Interpretasi
interpretasi adalah proses mengemukakan arti atau makna karya seni dari hasil deskripsi dan analisis yang cermat. kegiatan ini tidak bermaksud menemukan nilai verbal yang setara dengan pengalaman yang diberikan karya seni, juga bukan dimaksudkansebagai proses penilaian.
d. Evaluasi
dalam aktivitas ini dikenal model evaluasi dengan studi komparatif historis. pada bagian ini kritikus perlu mengenali dengan seksama sebanyak mungkin gaya artistik, aliran seni,pengaruh komunikasi dalam pertukaran artistik modern, perluasan lahan kreativitas, serta keunikan karya seni (orisinalitas) dalam sejarah kesenian.
e. Terakhir
pada tahap inidapat ditambahkan tentang pernyataan sikap yang menyangkut kesan dan pesan dari penulis yang telah dilihat dan di deskripsikan kedalam tulisan kritik tari.
Nama: Dwi Oktaviatus Sholehah
ReplyDeleteKelas: XII IPA 4
No absen: 4
NAMA: DIANA SANTI
ReplyDeleteKELAS: 12 AGAMA 6
NO ABSEN:5
Nama:Milinda Sri W
ReplyDeleteKelas:XII IPA 4
Absen:16
Nama : Lisa dovi Ayu (23)
ReplyDeleteKelas : XII IPS 2
Nama: Rini Sukma dewi
ReplyDeleteKelas: XII IPA4
Absen: 25
Nama: ADIS TAFIA
ReplyDeleteKelas:12 ips 2
Absen:02
Nama: Sivatul Maghfiroh
ReplyDeleteKelas: XII IPA 4
Absen: 29
Nama:Nuril Maufiroh
ReplyDeleteKelas: XII IPA 4
Absen:20
Nama:Carisa Ananda Putri
ReplyDeleteKelas:XII IPS 2
No A :12
Nama : Novita Diah Rhomadani
ReplyDeleteKelas : XII Agama 4
Absen : 18
Nama:Siti Sofiyatun
ReplyDeleteKelas: XII Agama 4
No absen : 32
Nama : Indah putri Nurfadillah
ReplyDeleteKelas : XII IPA 4
Absen : 09
Mana: Siti nur halimah
ReplyDeleteKelas: Xll agama 4
Absen: 28
Nama:Nanda Jasmine Romadhotul Abiah
ReplyDeleteKelas:XII Agama 4
Absen:16
Nama:Ilman Nafiah
ReplyDeleteKelas:XII Agama 4
No absen:08
Nama: Firdausiyah
ReplyDeleteKelas:Xll Ipa 4
No.Absen:06
Nama: Rizqul Baqy
ReplyDeleteKelas: XII Ipa 1
No absen: 31
Nama : Hasna Daria Humairoh
ReplyDeleteKelas: 12 IPS 2
No abs: 20
Dari artikel diatas dijelaskan Pengertian, Fungsi dan Tujuan Kritik Tari
istilah kritik berasal dari bahasa yunani, yaitu kata krites (kata benda), yang bersumber dari kata Kriteriori yaitu kriteria sehingga kata itu diartikan sebagai kriteria atau dasar penilaian
2.Menilai Karya Tari
Menilai karya tari adalah kegiatan memberikan apresiasi
3. Menulis Kritik Tari
a. Deskripsi Data (proses pengumpulan data)
b. Analisis ( ada kritikus)
c. Interpretasi (berisi tentang menemukan nilai)
d. Evaluasi ( berisi tentang penilaian dan pembandingan tentang seni tari)
e. Terakhir (berisi tentang kesan dan pesan)
Nama :Muhammad Mufidul Ahkam
ReplyDeleteKelas :XII IPA I
Absen :21
Nama : Devika Diah Wardani
ReplyDeleteKelas : XII IPA2
no. Absen : 12
Nama :Fairus Nurfadilah
ReplyDeleteKelas :XII IPA 2
Absen :16
Nama: Aurellia Anandita Diningrum
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
Absen: 07
Nama : Meliyana
ReplyDeleteKelas : XII IPA 4
Absen : 15
Nama : Faisal Ghozi Dika Pradana
ReplyDeleteKelas : 12 IPA 1
Absen : 11
Nama :Devi Novitasari
ReplyDeleteKelas:XII IPS 2
Absen:15
Nama : Amilatus soliha
ReplyDeleteKelas : XII Agama 4
No absen : 02
Nama:Hilmi maufiroh
ReplyDeleteKelas:12 agama 4
Absen:06
Nama:Liya Maryanti
ReplyDeleteKelas:XII IPA 2
Absen:23
Nama : Siti Nurfadila
ReplyDeleteKelas : XII Agama 4
Absen : 30
Nama: Elia Nur Fadillah
ReplyDeleteKelas: XII IPS 2
No. Ab: 16
Nama: Dea Reismaya Windiamiza
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
No. Absen: 10
Nama:Andini putri k
ReplyDeleteKelas:Xll ips 2
No:09
Nama;Uun Hidayati
ReplyDeleteKelas; Xll ag4
Absen;35
NAMA : MELDA TRIAS DEWI
ReplyDeleteKELAS : XII IPA 4
NO. ABSEN : 14
Nama : Siti Holideh
ReplyDeleteKelas:XII AGAMA 4
Absen:26
Nama: Febri imaniar rohim
ReplyDeleteKelas: XII IPA 4
absen: 5
Nama:Wici siti utami
ReplyDeleteKelas:XII IPA 4
No Absen:34
Nama: Habibatus safirah
ReplyDeleteKelas: XII IPA 4
abs: 7
Nama: Dwi Putri Octavia
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
Absen: 14
Nama:Babun Oktavia Sintesa Bela
ReplyDeleteKelas:XII IPA 2
Absen:08
Nama : Nadila Aprilia
ReplyDeleteKelas : XII Agama 6
Absen : 17
Nama alifia natasya romadhona
ReplyDeleteKls XII ips2
Absen06
Hilwah Datul Hasanah (07)
ReplyDeleteXII AG4
Nama:Nur izza
ReplyDeleteKelas:XII IPA 4
Absen:19
Nama: Zahra Aqila Kamelia
ReplyDeleteKelas:XII IPA 4
No Absen:38
Nama:Tyas Puji Astuti
ReplyDeleteKelas:XII IPA 4
Absen:31
Nama :Robiah Al Adawiyah
ReplyDeleteKelas :XII IPA 2
Absen :35
Nama : Putri Febrianti
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
Absen: 33
Nama : Putri Febrianti
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
Absen: 33
Nama: Prasetyo Dwi Saputro
ReplyDeleteKelas:12 agama 3
Absen:27
Nama : ROFIKATUL HASANAH
ReplyDeleteKelas : XII AGAMA 6
Absen : 27
Nama : ROFIKATUL HASANAH
ReplyDeleteKelas : XII AGAMA 6
Absen : 27
Nama:Yeyen Ayu Lestari
ReplyDeleteKelas:XII IPA
Absen:37
Nama :Saikul Hoir
ReplyDeleteKelas:12 AG3
No.A :31
Nama : Fayza Jasmine Oktaferly
ReplyDeleteKelas: XII IPS 2
Absen: 19
Nama : Nurul Aini Septianingrum
ReplyDeleteKelas : XII IPA 4
Nama: Endah Sujarwati
ReplyDeleteKelas: XII Agama 6
Absen: 07
Nama:Devi permatasari
ReplyDeleteKelas:XII Agama 4
No,absen:03
Nama:Yeyen Ayu Lestari
ReplyDeleteKelas:XII IPA 4
Absen:37
Nama : M Rifki Abdillah
ReplyDeleteKelas : XII IPA 1
No absen : 18
Nama: Endang Siswantini
ReplyDeleteKelas: XII Agama 4
No.Absen: 4
Nama:Mohammad Rizqi
ReplyDeleteKelas:Xll Agama 3
No.Absen:17
Nama : Wahyu Hidayat
ReplyDeleteKls : 12 Agama 3
No : 33
Nama:Lusi Septia Dwi Susanti
ReplyDeleteKelas:XII IPA 2
No absen:24
Nama : Meirina sayyidatun Nisza
ReplyDeleteKelas: Xll IPA 4
Absen: 13
Nama : Azhary Munir Abdillah
ReplyDeleteKelas: 12 IPA I
No. Absen 6
Nama:Maritha Riskian S
ReplyDeleteKelas:XII IPA 4
Absen:12
Kesimpupannya,Kritik karya seni memiliki perbedaan tujuan dan kualitas. Karena perbedaan tersebut, maka dijumpai beberapa jenis kritik karya seni berdasarkan pendekatannya seperti yang disampaikan oleh Feldman (1967), yaitu kritik populer (popular criticism), kritik jurnalis (journalistic criticism), kritik keilmuan (scholarly criticism), dan kritik pendidikan (pedagogical criticism).
Berdasarkan titik tolak atau landasan yang digunakan, dikenal pula beberapa bentuk kritik, yaitu: kritik formalistik, kritik ekspresivistik, dan instrumentalistik. Berdasarkan beberapa uraian tentang pendekatan dalam apresiasi dan kritik seni, dapat dirumuskan tahapan-tahapan kritik secara umum, yaitu deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi atau penilaian.
Mengkritisi sebuah karya seni rupa tidak bertujuan untuk mencari-cari kesalahan, kekurangan, atau kelemahan sebuah karya seni rupa. Pada dasarnya melalui kegiatan kritik karya seni rupa kita belajar memberikan penilaian secara obyektif terhadap kualitas karya seni, untuk meningkatkan kualitas wawasan, tanggapan, dan kepekaan kamu terhadap karya seni. Hasil tanggapan dan evaluasi terhadap karya diharapkan mendorong perupa untuk meningkatkan kualitas karyanya
Nama:Maritha Riskian S
ReplyDeleteKelas:XII IPA 4
Absen:12
Kesimpupannya,Kritik karya seni memiliki perbedaan tujuan dan kualitas. Karena perbedaan tersebut, maka dijumpai beberapa jenis kritik karya seni berdasarkan pendekatannya seperti yang disampaikan oleh Feldman (1967), yaitu kritik populer (popular criticism), kritik jurnalis (journalistic criticism), kritik keilmuan (scholarly criticism), dan kritik pendidikan (pedagogical criticism).
Berdasarkan titik tolak atau landasan yang digunakan, dikenal pula beberapa bentuk kritik, yaitu: kritik formalistik, kritik ekspresivistik, dan instrumentalistik. Berdasarkan beberapa uraian tentang pendekatan dalam apresiasi dan kritik seni, dapat dirumuskan tahapan-tahapan kritik secara umum, yaitu deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi atau penilaian.
Mengkritisi sebuah karya seni rupa tidak bertujuan untuk mencari-cari kesalahan, kekurangan, atau kelemahan sebuah karya seni rupa. Pada dasarnya melalui kegiatan kritik karya seni rupa kita belajar memberikan penilaian secara obyektif terhadap kualitas karya seni, untuk meningkatkan kualitas wawasan, tanggapan, dan kepekaan kamu terhadap karya seni. Hasil tanggapan dan evaluasi terhadap karya diharapkan mendorong perupa untuk meningkatkan kualitas karyanya
Nama:Durrotud Diniyah
ReplyDeleteKelas:Xll agama 6
No absen:06
Kesimpupannya,Kritik karya seni memiliki perbedaan tujuan dan kualitas. Karena perbedaan tersebut, maka dijumpai beberapa jenis kritik karya seni berdasarkan pendekatannya seperti yang disampaikan oleh Feldman (1967), yaitu kritik populer (popular criticism), kritik jurnalis (journalistic criticism), kritik keilmuan (scholarly criticism), dan kritik pendidikan (pedagogical criticism).
Berdasarkan titik tolak atau landasan yang digunakan, dikenal pula beberapa bentuk kritik, yaitu: kritik formalistik, kritik ekspresivistik, dan instrumentalistik. Berdasarkan beberapa uraian tentang pendekatan dalam apresiasi dan kritik seni, dapat dirumuskan tahapan-tahapan kritik secara umum, yaitu deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi atau penilaian.
Mengkritisi sebuah karya seni rupa tidak bertujuan untuk mencari-cari kesalahan, kekurangan, atau kelemahan sebuah karya seni rupa. Pada dasarnya melalui kegiatan kritik karya seni rupa kita belajar memberikan penilaian secara obyektif terhadap kualitas karya seni, untuk meningkatkan kualitas wawasan, tanggapan, dan kepekaan kamu terhadap karya seni. Hasil tanggapan dan evaluasi terhadap karya diharapkan mendorong perupa untuk meningkatkan kualitas karyanya
Reply
Nama:Lailatun Nafila
ReplyDeleteKelas:XII Agama 6
Absen:12
Nama:Nor laeli
ReplyDeleteKelas:XII IPS2
Absen:30
Nama : Nazihah Nurul Afifah
ReplyDeleteKelas: XII AGAMA 4
No Absen :17
Nama:Aprilia Tika Damayanti
ReplyDeleteKelas:XII AGAMA 6
Absen:01
Nama : KHUSNUL KHOTIMAH
ReplyDeleteKelas: XII Agama 6
No. A: 11
Nama: Nadilatus sa'diah
ReplyDeleteKelas:XII agama 4
Absen:15
Nama: Zainul hasan
ReplyDeleteKelas: 12 agama 3
No. 35
Nama: Dandi Choirul Basori
ReplyDeleteKelas: XII IPA 1
absen: 07
Nama :Mohammad Dwi Ismanto
ReplyDeleteKelas:12 Agama 3
Absen:14
Nama : Nadirotul.M.
ReplyDeleteKelas: XII ipa4
Absen: 17
Nama : Nabilah Nur Azmi
ReplyDeleteKelas: XII IPS 2
Absen: 28
Nama : Anugerah Nuril Salsabila
ReplyDeleteKelas: XII IPS 2
No absen : 10
Nama:indah marmila kurnia
ReplyDeleteKelas:XII IPS 2
No absen:21
Nama:Muhammad Karimullah
ReplyDeleteKelas:XII IPA 1
No absen:26
Nama:Babun Liana
ReplyDeleteKelas:Xll lPS 2
Absen:11
Nama : Amelia tus soleha
ReplyDeleteKelas : XII ips 2
No absen : 8
Nama:lala nur indah sari
ReplyDeleteKelas:XII agama 6
No absen:13
Nama: Reni yuliastika
ReplyDeleteKelas: Xll IPA 2
Absen: 34
Nama:fathul hasan
ReplyDeleteKelas:Xll agama 3
No absen:6
Nama: Makrifatul Hasanah
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
No.Absen:25
Nama : sitti farika
ReplyDeleteKelas : XII IPA 4
No absen : 28
Nama:Riski Amalia Putri
ReplyDeleteKelas:XII Agama 4
Nama : Mohammad Imam Ghozali Fajar Septian
ReplyDeleteKelas : XII IPA 1
NO Absen : 20
Artikel sangat menarik, bahasa yg ditampilkan mudah dipahami sehingga para siswa semakin mudah untuk paham dan mengerti pembelajaran yg diuraikan
Nama:Sri Wahyuni
ReplyDeleteKelas: XII IPS 2
No absen:36
Nama :Selvina Maulidhani
ReplyDeleteKelas:Xll Agama 4
Absen:24
Nama : Muhammad Badrus Soleh
ReplyDeleteKelas : XII IPA 1
No Absen : 24
Nama :Pradita Syafa Kamila
ReplyDeleteKelas :XII IPA 2
Absen :32
Femy Sulvi Andari
ReplyDeleteKELAS XII IPA 2 (18)
Nama:Nafilatul Hasanah
ReplyDeleteKelas:XII IPS2
Absen:29
Nama : Zainiah
ReplyDeleteKelas : XII Agama 4
No. Absen : 37
Nama:Muhammad Abdul Wafi
ReplyDeleteKelas:12 agama3
Absen:21
Nama :Muhammad Ridwan
ReplyDeleteKelas :XII IPA 1
No Absen :28
Nama = Ainun Maghfiroh
ReplyDeleteKelas = 12 IPS 2
Nomor Absen= 04
Nama : Wasikatul ummah
ReplyDeleteKelas : XII IPA 2
No.abs : 40
Nama : ANIS SULALA
ReplyDeleteKelas: XII Ipa 2
Absen:5
Nama : Siti Risalatul Muawanah
ReplyDeleteKelas : 12 IPA 2
Absen : 38
Nama:Ummi Kulsum
ReplyDeleteKelas:XII IPA 2
Absen:39
Nama : Ainun Alawiyah
ReplyDeleteKelas: XII IPS 2
Absen: 03
Gilang trianggi
ReplyDeleteXII IPS 1
ABSEN: 16
Nama: Muhammad Itqon Al Fattah
ReplyDeleteKelas: XII S 1
No.Absen: 27
Nama : Desta Alifian Firmansyah
ReplyDeleteKelas : XII IPS 1
No Absen : 10
Nama : Muhammad Wildan Prawira
ReplyDeleteKelas : XII IPS 1
No.Absen : 22
Muhammad Rizda Al Hakim
ReplyDeleteKelas XII IPS 1
Muhammad Nauval Arif Firmansyah
ReplyDeleteXII IPS 1
Nama:Alifatul Jamila
ReplyDeleteNo absen:05
Kelas:XII ips2
Nama: Aura Kamila
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
No. Absen: 06
Nama: Savila hairun nisa'
ReplyDeleteKelas: XII Agama 4
No absen: (23)
Nama: Hendrik Siswanto
ReplyDeleteKelas:Xll IPA 1
Absen:15
Nama: Trias Yonar Wulandari
ReplyDeleteKelas: XII Agama 6
N.Absen:34
Nama:Firdaus Abdillah.r
ReplyDeleteKelas:XII IPS 1
No.absen:14
Nama = Farhatul hilal
ReplyDeleteKelas = 12 Ag 3
No absen = 05
Nama . : Mariatul Kiptiyah
ReplyDeleteKelas. :XII IPA 4
No.absen:11
Nama : Iman Hamzatul Abror
ReplyDeleteKelas : XII AGAMA 5
No Absen : 06
Nama : Sudjatmiko
ReplyDeleteKelas: XII AG5
No absen: 31
NAMA:SITI WASILAH
ReplyDeleteKELAS:XII IPS 2
NO.ABSEN:35
Nama : Maulidya Tri Sasmitaningtyas
ReplyDeleteKelas : XII IPA 2
No.Absen: 26
Nama: Ulandari febrianti
ReplyDeleteKelaa:Xll IPS2
No.Absen:37
NAMA :JUNIA RISKI
ReplyDeleteKELAS :XII AGAMA 5
NO ABSEN 07
NAMA :JUNIA RISKI
ReplyDeleteKELAS :XII AGAMA 5
NO ABSEN :07
Nama : muhammad ivan Rahmatullah
ReplyDeleteNo absen : 23
Kelas : XII Agama 5
Nama:ULFATUL HASANAH
ReplyDeleteKelas:XII IPA4
No. Absen:33
Nama: Nabila Wildaniah A
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
Absen:27
Nama:M Alfa Bardani
ReplyDeleteKelas:XII AGAMA 5
Absen:16
Eko Patryo Sugiono
ReplyDeleteXII IPA 1
8
Nama : Taufiqul Khaliq
ReplyDeleteKelas : XII IPA 1
Absen : 35
nama:khoirul anam
ReplyDeletekelas:xii agama 5
absen:08
Kritik karya seni memiliki perbedaan tujuan dan kualitas. Karena perbedaan tersebut, maka dijumpai beberapa jenis kritik karya seni berdasarkan pendekatannya seperti yang disampaikan oleh Feldman (1967), yaitu kritik populer (popular criticism), kritik jurnalis (journalistic criticism), kritik keilmuan (scholarly criticism), dan kritik pendidikan (pedagogical criticism).
Nama: Alfina Damayanti
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
Absen 01
Nama:Amalia Nisrina Fausiyah
ReplyDeleteAbsen:04
Kelas:XII IPA 2
Nama :Fathus surur
ReplyDeleteKelas:XII IPS 1
Absen:13
Nama : Irma Yunita Sari
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
No.Absen: 21
Nama : Nuriyatul Qomariyah
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
Absen: 29
Nama : Nur izza zaqiyah zamir
ReplyDeleteKelas : 12 ipa 2
Absen : 28
Nama:Lila Rahman Asikin
ReplyDeleteKelas:XII IPS 2
Absen:22
Nama:Lila Rahman Asikin
ReplyDeleteKelas:XII IPS 2
Absen:22
Nama:M.rizqianto
ReplyDeleteKelas:XII agama 5
Absen:24
Nama : Ulfa Fauzia
ReplyDeleteKelas : XII Agama 6
Absen : 35
Nama:Wilayatus Sakinah
ReplyDeleteKelas:XII Agama 6
No.absen:36
Nama : Muhammad Nasrullah
ReplyDeleteKelas : XII IPA1
No.absen : 27
Nama : Lutfiah Anggraeni
ReplyDeleteKelas : XII agama 6
No : 14
Nama:Putri Aisyah Sarita
ReplyDeleteKelas:Xll agama 6
Absen:23
Nama:yeti maftuhatir riskiyah
ReplyDeleteKelas:XII AGAMA 6
Absen:38
Kesimpupannya,Kritik karya seni memiliki perbedaan tujuan dan kualitas. Karena perbedaan tersebut, maka dijumpai beberapa jenis kritik karya seni berdasarkan pendekatannya seperti yang disampaikan oleh Feldman (1967), yaitu kritik populer (popular criticism), kritik jurnalis (journalistic criticism), kritik keilmuan (scholarly criticism), dan kritik pendidikan (pedagogical criticism).
Berdasarkan titik tolak atau landasan yang digunakan, dikenal pula beberapa bentuk kritik, yaitu: kritik formalistik, kritik ekspresivistik, dan instrumentalistik. Berdasarkan beberapa uraian tentang pendekatan dalam apresiasi dan kritik seni, dapat dirumuskan tahapan-tahapan kritik secara umum, yaitu deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi atau penilaian.
Mengkritisi sebuah karya seni rupa tidak bertujuan untuk mencari-cari kesalahan, kekurangan, atau kelemahan sebuah karya seni rupa. Pada dasarnya melalui kegiatan kritik karya seni rupa kita belajar memberikan penilaian secara obyektif terhadap kualitas karya seni, untuk meningkatkan kualitas wawasan, tanggapan, dan kepekaan kamu terhadap karya seni. Hasil tanggapan dan evaluasi terhadap karya diharapkan mendorong perupa untuk meningkatkan kualitas karyanya
Nama: Dita Khoyrun Nisa
ReplyDeleteKelas:12 A4
Absen:03
Nama : Dila Ulfi Kamila
ReplyDeleteKelas : XII IPA 2
Absen : 13
Nama:Dania Puspita Ayu
ReplyDeleteKelas:XII ips 2
Absen:13
Nama:Siti Nur Khofifah
ReplyDeleteKelas:XII agama 4
Absen:29
AHMAT NORHOTIM
ReplyDeleteXl agama 3
Nama: Iftitahun Ni'mah B (19)
ReplyDeleteKelas: XII IPA 2
Ahmad Hasan
ReplyDeleteKls:xi ips1
No absen:04
Seorang Kritik adalah penengah antara seniman dan audiens atau penonton yang memiliki peran seperti pendidik seni
Pengertian, Fungsi dan Tujuan Kritik Tari
istilah kritik berasal dari bahasa yunani, yaitu kata krites (kata benda), yang bersumber dari kata Kriteriori yaitu kriteria sehingga kata itu diartikan sebagai kriteria atau dasar penilaian.
tujuan utama dari kritik adalah meningkatkan pengertian dan kenikmatan yang diberikan oleh karya seni melalui pengkajian yang mendalam tentang sebab-sebab kenikmatan yang dirasakan penikmat seni.
2.Menilai Karya Tari
Menilai karya tari adalah kegiatan memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap karya tari yang di buat orang lain. dalam kegiatan kritik tari terdapat bagian dalam memberikan penilaian terhadap karya tari orang lain. materi penialaian yang diberikan dapat berupa ulasan materi pertunjukan secara keseluruhan atau komentar dari materi tari yang diapresiasi.
Nama: Dewi fatimatus zahro
ReplyDeleteKelas: XII Agama 6
Absen: 03
Nama : melin novus
ReplyDeleteKelas: 12 IPS 2
No abs: 26
Dari artikel diatas dijelaskan Pengertian, Fungsi dan Tujuan Kritik Tari
istilah kritik berasal dari bahasa yunani, yaitu kata krites (kata benda), yang bersumber dari kata Kriteriori yaitu kriteria sehingga kata itu diartikan sebagai kriteria atau dasar penilaian
2.Menilai Karya Tari
Menilai karya tari adalah kegiatan memberikan apresiasi
3. Menulis Kritik Tari
a. Deskripsi Data (proses pengumpulan data)
b. Analisis ( ada kritikus)
c. Interpretasi (berisi tentang menemukan nilai)
d. Evaluasi ( berisi tentang penilaian dan pembandingan tentang seni tari)
e. Terakhir (berisi tentang kesan dan pesan)
Nama :Sirajul Qomar
ReplyDeleteKelas :XII Agama 5
Absen :30 (9451)
Kesimpulan:
Kritik karya seni memiliki perbedaan tujuan dan kualitas. Karena perbedaan tersebut, maka dijumpai beberapa jenis kritik karya seni berdasarkan pendekatannya seperti yang disampaikan oleh Feldman (1967), yaitu kritik populer (popular criticism), kritik jurnalis (journalistic criticism), kritik keilmuan (scholarly criticism), dan kritik pendidikan (pedagogical criticism).
Nama : Oktaviona J
ReplyDeleteKelas : XII IPA 2
Absen : 31